Menu

Kuliah Umum Dan Pengamatan Bersama Wetlands International Indonesia Dan Haliaster Biologi FSM UNDIP Semarang


Foto bersama Haliaster Undip dan Pelatuk BSC Unnes
Foto bersama Haliaster Undip dan Pelatuk BSC Unnes 

Selain melakukan pengamatan di 3 titik saat hari peringatan AWC 2017 (Tapak, Tambakrejo dan Mangkang) kami juga mengikuti kuliah umum dan pengamatan bersama Wetlands International Indonesia dan juga Pecinta Alam Haliaster Undip. Kami melaksanakan kegiatan ini di Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Demak. Kegiatan ini dilakukan guna memberikan sosialisasi tentang pentingnya upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dalam hal ini ditujukan untuk mengmbalikan ekosistem dan garis pantai di Kecamatan Sayung yang telah hilang karena tenggelam akibat pasang air laut.
Foto
Akibatnya banyak pemukiman warga yang berada di kawasan rawan ini tenggelam dan bahkan warga harus meninggikan rumahnya serta membuat tanggul di sekitar rumahnya untuk mengahalau air yang masuk kedalam rumah. Selain itu banyak tambak warga yang digunakan sebagai mata pencaharian juga terendam. Karena juga digunakan sebagai habitat hidup burung-burung air di kawasan tambak Kecamatan Sayung ini. Kami juga melihat bahwa burung-burung disana masih sangat terjaga karena kami sangat mudah menjumpai berbagai spesies burung air yang tersebar di sepanjang perjalanan saat pengamatan.


Foto

Disana kami diajak untuk melihat inovasi dari Wetlands International di Kecamatan Sayung Demak. Inovasi ini masuk kedalam invoasi terbaik di dunia dan meraih penghargaan di Belanda. Inovasi ini merupakan pembaharuan dengan cara Building with Nature dengan memanfaatkan material dari alam yang kembali dibangun dialam.

Materialnya berupa bambu dan batang tanaman kering. Tujuannya agar ketika ombak menghampas tanggul ini airnya tetap dapat melewati tanggulnya, namun meninggalkan sedimentasi di pangkal tanggulnya. Hal ini berguna untuk menimbun sedimentasi yang akhirnya nanti akan digunakan sebagai media tanam yang baru untuk mangrove agar dapat terbentuk kembali dinding alami sebagai penahan abrasi. (Sayung, Demak, 2017)


Makan bersama setelah pengamatan
Makan bersama setelah pengamatan

Share This:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " Kuliah Umum Dan Pengamatan Bersama Wetlands International Indonesia Dan Haliaster Biologi FSM UNDIP Semarang "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM