Menu

PELATIHAN ORGANISASI (PEMBUATAN PROGJA)

          Masih dalam rangkaian acara Laporan Pertanggung Jawaban Pelatuk BSC tahun 2016, kali ini diadakan rangkaian dari subacara yaitu pelatihan organisasi. Pada pelatihan organisasi ini, para anggota (fungsionaris) Pelatuk dan calon anggota Pelatuk diberi materi oleh senior yang sangat berpengalaman yaitu Misbahul Munir atau yang biasa dipanggil Mas Munir. Acara dimulai pada pukul 11.00 wib rahmawati setelah dilaksanakannya pengamatan bersama yang dibawakan oleh saudari Rina rahmawati, setelah itu acara inti pun dimulai.

           Dengan pembawaan yang serius tapi santai, mas Munir memulai pemberian materi dengan meminta seluruh anggota fungsionaris untuk menuliskan satu kata diatas sticky note mengenai kendala dari diri masing-masing yang paling sering menghambat berjalannya kegiatan organisasi, sesi ini saya sebut sebagai sesi instrospeksi diri. Dan dari seluruh jawaban para fungsionaris Pelatuk, kendala pada diri sendiri yang paling sering dihadapi adalah masalah tanggung jawab dan disiplin. Yup, baru sebentar saja mas Munir sudah mampu menggugah kesadaran diri para fungsionaris selama ini ternyata.

       Setelah sesi instrospeksi diri selesai, dilanjut dengan sesi penyusunan program kerja yang masih dipandu oleh mas Munir. Pada sesi ini, para anggota fungsionaris kembali disadarkan oleh mas Munir ternyata selama ini Pelatuk masih belum mencapai output atau hasil yang bisa dibanggakan. Ternyata, definisi program kerja menurut mas Munir bukanlah definisi yang kita anggap pada umumnya. Mas Munir menyatakan bahwa program kerja itu tidak perlu banyak, cukup satu tetapi menjawab semua tujuan yang ingin dicapai oleh suatu organisasi dalam satu periode kepengurusan. Program kerja tersebut harus memiliki tujuan umum dan tujuan khusus, yang nantinya tujuan khusus dari program kerja tersebut dikaitkan dengan aktivitas yang akan dilaksanakan dan output yang dihasilkan. Dan setelah melalui proses diskusi panjang, akhirnya ditemukanlah suatu konsep pemahaman baru mengenai program kerja.

         Seperti itulah acara pelatihan organisasi yang telah dilaksanakan, acara ditutup dengan tepuk tangan meriah dan jargon legendaris Pelatuk dari para anggota fungsionaris. Dari acara ini kita mendapat pembelajaran baru mengenai keorganisasian, dan pembelajaran yang paling penting adalah bukan apa yang bisa kita dapatkan dari suatu organisasi, akan tetapi apa yang bisa kita lakukan untuk organisasi. Karena dengan melakukan sesuatu untuk organisasi, niscaya kita akan mendapatkan sesuatu dari itu.

          Sekian ulasan dari saya, mohon maaf apabila ada salah-salah kata dan kata-kata yang salah
Saya , Pevina Pearce undur diri
Save Our Bird!
Burungku, burungmu, burung kita semua!!

Share This:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " PELATIHAN ORGANISASI (PEMBUATAN PROGJA) "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM