Menu

Pelatihan Fundraising, Membangun Jaringan dan Publikasi

     Fundraising, Jaringan dan Publikasi merupakan suatu hal yang sangat penting didalam suatu organisasi. Pada hari sabtu- minggu tanggal 28 sampai 29 Januari 2017 Pelatuk BSC melakukan kegiatan Pertanggungjawaban Akhir Tahun Kepengurusan 2016 di Medini, Kab. Kendal. Pada hari kedua kegiatan diadakan pelatihan fundraising, membangun jaringan dan publikasi yang dibawakan oleh salah satu dewan kehormatan pelatuk yaitu Yoga Jiwanjaya.

     Materi yang diberikan yaitu meliputi fundraising, cara membangun jaringan yang luas dengan memanfaatkan berbagai media dan publikasi. Tidak hanya bagi sebuah organisasi namun bagi semua citizen science membangun jaringan dengan berbagai pihak serta publikasi segala macam aktifitas merupakan hal yang sangat penting. Membangun jaringan yang luas dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi diri kita sendiri karena dengan koneksi yang yang luas secara otomatis kita menjadi mudah terhubung dengan informasi-informasi baru dan yang pasti dapat memberikan kita teman baru dan pengalaman baru.

     Selain membangun jaringan yang luas, publikasi merupakan hal lain yang sangat penting bagi kita semua yang merupakan citizen science. Publikasi segala aktifitas dan segala data atau kegiatan keilmiahan yang telah kita lakukan dapat melalui berbagai cara salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan internet yang sangat luas. Kita dapat memanfaatkan segala jenis sosial media yang ada, misal kita dapat mengupload segala kegiatan kita di instagram, path, facebook atau akun sosial media yang lainnya. Selain mengunggahnya di media sosial kita juga dapat menuliskan hasil karya ilmiah kita dalam bentuk jurnal dan kemudian bisa di publish karena ilmu akan lebih bermanfaat jika kita mau membagikannya kepada orang lain.

    Bagi kita yang suka menulis kita dapat menuliskan dan mencurahkan segala kegiatan dan karya-karya ilmiah kita dalam sebuah artikel dan dapat mempublisnya melalui blog. Menulis artikel di blog dapat menghasilkan tambahan dana bagi kita karena jika kita rajin update dengan berbagai macam artikel maka bisa jadi melalui berbagai iklan yang dipasang di blog kita dapat memberikan pemasukan dana untuk kita. Maka dari itu rajinlah menulis karena dengan menulis akan mendatangkan berbagai macam manfaat bagi diri kita.

By Fitria Febriyani (Kadiv Infohum Pelatuk BSC 2017/ Biologi 2013)

Share This:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " Pelatihan Fundraising, Membangun Jaringan dan Publikasi "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM