Menu

Julang emas(Aceros undulatus), icon gunung ungaran

bayu
Julang emas yang memiliki nama latin Aceros undulatus ini merupakan iconnya gunung ungaran yang masih sering di jumpai di Gunung Ugaran Semarng.

Julang emas termasuk burung pemalu ini memiliki deskripsi antara lain berukuran besar(100cm). baik jantan maupun betina memiliki memiliki punggung, sayap dan perut berwarna hitam. Jantan memiliki kepala krem, bulu halus kemerahan bergantun dari tengkuk, kantung leher kuning tidak berbulu dengan strip hitam khas. Sedangkan yang betina memiliki kepala dan leher hitam , dan kantung leher berwarna biru.

Memiliki iris merah, paruh kuning dengan tanduk kecil kerenyut, kaki hitam.Suara julang emas sangat khas yaitu seperti salakan anjing”ku-guk” yang di ulang-ulang pendek.

Burung ini memiliki penyebaran global yaitu di india timur, cina barat daya, asia tenggara , semenanjung asia, malaysia , kalimantan, sumtra, jawa dan bali.

Julang emas memiliki kebiasaan terbang berpasangan atau dalam kelompok kecil di atas hutan , dengan kepakan sayap yang berat, apabila terbang rendah terdengar kepakan sayap”wut…wut…wut…”

Julang emas di gunung ugaran”medini dan hutan promasan” biasanya muncul saat matahari sudah mulai meninggi sekitar pukul 09.00 keatas. Biasanya muncul dari arah hutan watu ondo menuju ke gunung gentong dan bila sore sekitar pukul 15.30 terlihat Aceros undulatus ini terbang kembali ke hutan watuondo.

Jumlah spesies ini yang terlihat saat kami (Ariesta dan yoga) melakukan pengamatan terakhir yaitu tanggal11-12 oktober berjumlah sekitar 6 ekor, kemungkinan jumlah ini akan bertambah lagi, karena kami tidak melakukan pengamatan secara menyeluruh.

Namun sayang sampai sekarang kami belum berhasil mendapatkan foto dari burung ini karena keterbatasan alat.

Salam lestari posted by

Pelatuk bsc biologi UNNES yogert

Share This:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " Julang emas(Aceros undulatus), icon gunung ungaran "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM