Menu

PELANTIKAN ANGGOTA BARU PELATUK BSC ANGKATAN XIII



Pelantikan anggota baru Pelatuk BSC Angkatan XIII dilaksanakan pada tanggal 8-10 Februari 2019 di Hutan Wisata Tinjomoyo, Semarang. Pelantikan diikuti oleh semua peserta, panitia dan beberapa dewan kehormatan. Pada hari Jumat, 8 Februari 2019 diadakan upacara pembukaan kegiatan di depan Kebun Biologi FMIPA UNNES pada pukul 15.30 WIB. Setelah mengikuti upacara pembukaan, peserta dan panitia melakukan perjalanan ke lokasi pelantikan. Sesampainya di Hutan Wisata Tinjomoyo, peserta dan panitia mendirikan tenda dengan cepat sehingga dapat selesai sebelum masuk waktu maghrib. Setelah melakukan ishoma (istirahat, sholat dan makan), kegiatan dilanjutkan dengan game tebak gambar dan suara beberapa jenis burung. Hal ini berguna untuk mempersiapkkan Bird race besok pagi. Selain itu game ini dapat melatih kemampuan calon anggota baru dalam mengenali berbagai jenis burung.




Hari kedua, Sabtu 9 Februari 2019 pukul 06.00 WIB peserta sudah siap untuk mengikuti Bird race. Bird race ini merupakan kegiatan pengamatan burung yang berisi pengamatan burung, sketsa burung, deskripsi dan penamaan lengkap jenis burung. Jalur Bird race dibagi menjadi dua yaitu jalur deekat hutan dan jalur jembatan. Bird race dilakukan hingga pukul 11.00 WIB, dan dilanjutkan dengan ishoma.
Peserta dan panitia berkumpul untuk melakukan pembahasan hasil yang di bimbing oleh salah satu dewan kehormatan yaitu Saudara Dinullah Alhaq dan materi sketsa yang disampaikan oleh Saudara Anwar. Peserta sangat tertarik dengan pokok bahasan burung yang ditemukan di Hutan Wisata Tinjomoyo. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi survival yang disampaikan oleh saudari Eny Santiati, seorang dewan kehormatan yang memiliki banyak pengalaman salah satunya menjadi relawan di Papua. Malam harinya acara dilanjutkan dengan pengenalan divisi oleh masing-masing divisi Pelatuk BSC yaitu PH, Divisi PSDM, Divisi Exsplorasi dan Divisi Infohum. Pengenalan divisi ini dimaksudkan untuk menggali potensi peserta dan minat mereka dalam divisi Pelatuk BSC. Kegiatan selanjutnya yaitu game truth and dare yang dilakukan oleh panitia, peserta dan dewan kehormatan. Game ini bertujuan untuk menjalin keakraban calon anggota dengan panitia dan dewan kehormatan. Sepanjang permainan keseruan terbentuk dari tawa dan candaan kami sampai lupa bahwa waktu terus berjalan hingga larut malam, dan kami bergegas untuk istirahat.



Hari ketiga dini hari pukul 02.00 WIB, panitia membangunkan peserta dan panitia lain beserta dewan kehormatan bersiap untuk melaksanakan rangkaian prosesi pelantikan. Salah satunya mewawancarai calon anggota dengan mata tertutup untuk mengetahui karakter dan kepribadian mereka. Kemudian tibalah di penghujung kegiatan yaitu prosesi pelantikan, dimana calon anggota yang akan dilantik dengan mata tertutup berjalan menuju jembatan Tinjomoyo. Sebelum menuju jembatan, calon anggota diguyur dengan air bunga mawar. Hal ini bertujuan untuk menyambut kehadiraan calon anggota baru dan membersihkan diri mereka dari ketidakpastian sebelum menjadi anggota serta memantapkan diri untuk turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam Pelatuk BSC. 

Sesampainya di jembatan Tinjomoyo, upacara pelantikan dilaksanakan. Kepalan tangan didada dan kepalan yang lain memegang sang saka merah putih & bendera Pelatuk BSC melambangkan kesungguhan calon anggota untuk membaktikan diri dalam berkontribusi untuk negri melalui Pelatuk BSC. Tak berselang lama, suara ikrar yang dipandu ketua Pelatuk BSC Intan Nawang Wulan  memecahkan keheningan pagi itu. Khidmat panitia, dewan kehormatan dan  calon anggota menambah sakral upacara pelantikan tersebut. Sleyer yang menutup mata peserta pun dibuka, terlihat wajah terkejut penuh haru calon anggota begitu terlihat. Dalam hati mereka berkata, “Sekarang aku bukan lagi calon angota Pelatuk BSC, tapi kini aku adalah anggota Pelatuk BSC”. Kemudian disematkanlah emblem Pelatuk BSC ke tubuh anggota baru. Pelukan begilir dan ucapan selamat mengalir dari panitia dan dewan kehormatan. 

Selamat anggota baru Pelatuk BSC Angkatan XIII. Semoga amanah dan kami tunggu kontribusimu !!!
Pelatuk BSC, save our birds!
Pelatukk BSC, burungku burungmu burung kita semua
:)

Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " PELANTIKAN ANGGOTA BARU PELATUK BSC ANGKATAN XIII "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM