Menu

ASIAN WATERBIRD CENSUS (AWC) 2019



Pada tanggal 12 Januari 2019 kemarin, kami Pelatuk Bird Study Club mengadakan pengamatan burung dalam rangka memperingati Asian Waterbird Census (AWC) yang berlokasi di Rawa Pening. AWC merupakan kegiatan rutin yang diadakan setahun sekali. Pengamatan AWC tahun  ini dilaksanakan pada tanggal 5-20 Januari 2019. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi tahunan tentang populasi burung air migran pada lahan basah di benua Asia, kemudian hasilnya dijadikan sebagai dasar untuk evaluasi lokasi dan pemantauan populasi burung selanjutnya. Kegiatan tersebut terbuka untuk mahasiswa umum, baik mahasiswa Biologi UNNES maupun dari luar UNNES. Total peserta yang mengikuti acara ada 41 orang diantaranya merupakan mahasiswa biologi Universitas PGRI Semarang berjumlah 4 orang.





Pukul 05.30-06.30 WIB, kami berkumpul di depan GSG UNNES dan berangkat bersama menuju lokasi pengamatan di Rawa Pening. Perjalanan tersebut ditempuh sekitar 1 jam 30 menit. Asian Waterbird Census kali ini dibagi menjadi 5 jalur yaitu, jalur desa, jalur sawah, jalur rel, jalur jembatan, dan jalur Kesongo. Setelah sampai di Rawa Pening, kelompok yang telah dibagi langsung berjalan menuju jalur pengamatannya masing-masing. Kami diberi waktu pengamatan selama 2 jam, dimulai pukul 08.30 sampai dengan 10.30. Selama 2 jam pengamatan, kami banyak menemukan burung-burung air yang sangat cantik.





Setelah selesai pengamatan, semua peserta berkumpul untuk makan siang. Waktu makan siang sekitar 1 jam, kemudian dilanjut dengan sesi diskusi semua kelompok mengenai burung apa saja yang ditemukan pada jalur masing-masing dengan dipandu oleh saudara Ariesta Heri Prasetyo. Setelah pembahasan semua jalur selesai, panitia membagikan 2 buah doorprize kepada 2 orang yang beruntung. Daaaan, doorprize tersebut didapatkan oleh saudara Reno dan Shinta. Keduanya merupakan mahasiswa Biologi UNNES. Semoga peserta yang belum beruntung dapat ikut AWC tahun depan yaa :D
See you at AWC next year gaesss :)
.
Nantikan Kegiatan seru Pelatuk BSC lainnya. Pelatuk BSC, save our birds. Pelatuk BSC, burungku burungmu burung kita semua.



Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " ASIAN WATERBIRD CENSUS (AWC) 2019 "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM