Menu

PAB (Penerimaan Anggota Baru) Pelatuk BSC Angkatan XIII



PAB (Penerimaan Anggota Baru) Pelatuk BSC Angkatan XIII dilakukan pada 3-5 Januari 2019 di Bumi Perkemahan Medini, Kendal. PAB diikuti oleh dua orang peserta, satu orang peserta berhalangan hadir. Semua peserta dan panitia sangat bersemangat dalam mengikuti PAB ini. Pada hari Kamis, 3 Januari 2019 diadakan upacara pembukaan kegiatan di depan Kebun Biologi FMIPA UNNES pada pukul 14.00 WIB sebelum pemberangkatan. Setelah mengikuti upacara pembukaan, peserta dan panitia menunggu kedatangan truk sampai pukul 15.00 WIB di depan Musholla Rektorat. Pemberangkatan dari UNNES menuju Medini pada pukul 15.30 WIB, dan sampai ke Medini pada pukul 17.00 WIB. Peserta dan Panitia mendirikan tenda dengan cepat sehingga dapat selesai sebelum masuk waktu maghrib. Setelah melakukan ishoma (istirahat, sholat dan makan), kegiatan selanjutnya adalah Technical Meeting (TM) Bird race yang akan dilakukan besok pagi. Setelalah dilakukan TM, peserta dan panitia istirahat mengisi tenaga untuk mengikuti kegiatan Bird race besok pagi.

Pada hari kedua, Jumat 4 Januari 2019 pukul 06.00 WIB peserta sudah siap untuk mengikuti Bird race. Bird race ini merupakan kegiatan pengamatan burung yang berisi pengamatan burung, sketsa burung, deskripsi dan penamaan lengkap burung. Jalur Bird race ini melewati kebun teh dan masuk ke dalam hutan. Bird race ini akan  melewati 3 Pos PAB Pelatuk BSC, di Pos ini peserta dapat beristirahat dan melengkapi tugas Bird race tersebut. Peserta kembali ke base camp pada pukul 11.00 WIB. Peserta dan panitia melakukan ishoma sebelum melanjutkan ke kegiatan selanjutnya. Peserta dan panitia berkumpul untuk melakukan pembahasan hasil yang akan di bimbing oleh Mas Tata. Peserta sangat tertarik dengan pokok bahasan burung yang ditemukan di Medini namun belum dijumpai di UNNES. Kegiatan berikutnya adalah lomba memasak. Lomba memasak diikuti oleh peserta dan perwakilan dari panitia. Pemenang lomba memasak ini jatuh pada Peserta dengan hidangan Bento Nasi Goreng yang rasanya gak perlu diragukan lagi ^^. Kegiatan sharing pengalaman dilakukan pada pukul 19.30-22.00 WIB. Kegiatan sharing pengalaman ini diisi oleh Mas Dinu, Mas Tata dan Mbak Zaida. Sharing pengalaman berupa pengalaman terbentuknya organisasi Pelatuk BSC, suka duka di Pelatuk BSC dan pengalaman mengikuti lomba pengamatan burung di Trisik yang diadakan oleh BKSDA Yogyakarta. Para peserta mendengarkan dan antusias pada tiap sesinya. 



Pada hari terakhir yaitu Jumat 5 Januari 2019, dilaksanakan senam pagi dengan penuh semangat untuk mengusir rasa dingin di pagi hari. Setelah senam, peserta diajak pengamatan burung singkat oleh Dewan Kehormatan Pelatuk BSC. Kegiatan selanjutnya adalah Pengenalan Divisi Pelatuk BSC yang dilakukan pada pukul 08.30-10.30. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Divisi apa saja yang ada di Pelatuk kepada peserta. Diharapkan dengan adanya pengenalan ini, peserta memiliki gambaran Divisi yang ingin dimasuki ke Divisi yang diminati. Kegiatan ini bukan hanya seputar pengenalan Divisi saja namun diselingi dengan games supaya peserta semakin tertarik kepada Divisi tersebut. Kegiatan selanjutnya adalah packing dan bersih-bersih tenda.



Upacara penutupan dilakukan pada pukul 11.45-12.00 WIB. Sembari menunggu kedatangan truk, peserta dan panitia melaksanakan sholat duhur. Truk datang pukul 13.00 WIB, dengan bahu membahu peserta dan panitia memasukkan barang dan perlengkapan ke dalam truk. Perjalanan dari Medini ke UNNES memakan waktu sekitar 2 jam. Pukul 15.00 WIB, kami tiba di UNNES. Semoga PAB Pelatuk BSC Angkatan XIII ini dapat memberikan pelajaran dan pengalaman yang berharga bagi peserta dan panitia. Tetap jaga semangat, kekompakan dan sportifitas sampai Pelantikan nanti ya Cangak Tilas! J Nantikan Kegiatan seru Pelatuk BSC lainnya. Pelatuk BSC, save our birds. Pelatuk BSC, burungku burungmu burung kita semua.

Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " PAB (Penerimaan Anggota Baru) Pelatuk BSC Angkatan XIII "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM