Menu

EKSPLORASI BURUNG AIR DI RAWA PENING



Pada tanggal 27 Oktober 2018 kemarin, kami Pelatuk Bird Study Club mengadakan pengamatan untuk agenda kami Eksplorasi Burung Air di Rawa Pening. Untuk eksplorasi burung air kali ini, masih mengambil data di Rawa Pening, sama seperti tahun sebelumnya, tetapi dengan spot pengamatan yang berbeda. Spot pengamatan kali ini, kami mengambil tempat di area Bukit Cinta. Karena pengalaman sebelumnya di acara besar KPPBI 4 Semarang, untuk fieldtripnya kemarin, anak-anak Pelatuklah yang diberi tanggung jawab. Nah meninjau dari pengalaman tersebut, kami memutuskan untuk spot Bukit Cinta, karena dari hasil fieldtrip itu didapatkan jenis-jenis baru yang unik di spot Bukit Cinta.

Kami dari titik kumpul GSG BNI UNNES menuju lokasi pengamatan kira-kira berjarak tempuh sekitar 1 jam 30 menit dan kami berangkat bersama pada pukul 6.30 WIB. Sekitar pukul 8.15 WIB, kami sampai dan segera menuju loket registrasi dan mengurus kapal untuk pengamatan di rawa. Yap, pengamatan kali ini asik, karena kami bakal mengarungi rawa untuk mencari burung-burung air yang menggemaskan. Setelah registrasi dan perkapalan selesai diurus, kami membagi menjadi tiga kelompok, sekelompok ini akan seperahu bersama dan pengamatan bersama, satu kelompok berisi 5 – 6 orang. 

Perahu yang kami gunakan untuk melakukan pengamatan

Sekitar pukul 8.40 WIB kami mulai pengamatan dengan menaiki perahu. Bapak sopir perahu cukup pintar untuk menyarankan kami ke tempat – tempat yang dirasa banyak burung air bersemayam di sana. Dan tidak mengecewakan, kami banyak menemui burung Mandar Batu yang bahkan induk sedang bersama dengan para krucilnya, imut sekali kakak. Sempat juga terpantau sekelompok burung migrasi yang terbang rendah di sekitaran rawa, wah sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan, burung migrasi tersebut adalah sekelompok Pratincole, atau Terik. Puncak pengamatannya adalah ketika kami mendapatkan sang raptor, The Osprey, atau Elang Tiram yang gagah bertengger pada batang bambu yang tertancap di Rawa. Wah, seketika anak-anak terpaku pada sang raptor, bahkan tak henti – hentinya memainkan kamera untuk dokumentasi, bahkan melakukan digiscooping yang cukup sulit dilakukan di perahu. Sekitar pukul 9.30 WIB kami selesai pengamatan dan kembali menuju daratan.

Migrasi burung yang berhasil kami abadikan 
Mandar batu
Singkat cerita, kami berdiskusi setelah pengamatan di rawa. Diskusi hasil pengamatan tersebut dipaparkan per kelompok pengamatan atau per perahu. Hasilnya, eksplorasi burung air ini mendapatkan sekitar 30 jenis, beberapa diantaranya adalah Mandar Batu, Mandar Besar, Terik Australia, Elang Tiram, Bambangan Kuning, Bambangan Coklat, Trinil Semak. Kami mengakhiri acara dengan sesi foto bersama seperti biasa. Sekitar pukul 11.00 WIB kami pulang kembali ke UNNES.


Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " EKSPLORASI BURUNG AIR DI RAWA PENING "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM