Menu

SERANGKAIAN PELATIHAN PAB



Serangkaian Pelatihan PAB Cangak Tilas (Penerimaan Anggota Baru Calon Angkatan Tiga Belas) dilakukan selama dua hari yaitu pada Sabtu 15 Desember dan Senin 17 Desember 2018. Cangak tilas yang mengikuti Serangkaian Pelatihan PAB berjumlah 2 orang dari total 4 orang. Pelatihan pada hari pertama yaitu Pelatihan Pengenalan Alat, Sketsa dan Fotografi Burung. Pelatihan pada hari kedua yaitu Pelatihan Identifikasi Burung, Metode Pengambilan & Analisis Data dan Sharing Pengalaman Ekspedisi NKRI. Serangkaian Pelatihan PAB ini sangat penting dilakukan guna melatih kemampuan Cangak Tilas untuk mempersiapkan PAB (Penerimaan Anggota Baru). 
Pelatihan hari pertama adalah Pelatihan Pengenalan Alat, Sketsa dan Fotografi Burung. Masing-masing dari pelatihan tersebut dibawakan oleh pemateri yang ahli dibidangnya. Pelatihan pertama adalah Pelatihan Pengenalan Alat yang dibawakan oleh Mbak Amalia Zaida dan Mbak Nisa Adni Abdillah. Materi ini memperkenalkan alat-alat apa saja yang dipakai dalam pengamatan burung, seperti binok, kamera dan seperangkatnya, tally sheet, pensil dan buku panduan identifikasi burung.
Pelatihan pengenalan alat birdwatchin

 Pelatihan kedua adalah Pelatihan Sketsa Burung yang dibawakan oleh Mas Zuhrufi Anwaruddin. Pelatihan ini berisi pelajaran teknik-teknik dasar dalam menggambar atau mensketsa burung. Sketsa burung sangat penting dilakukan jika kita belum mengetahui nama spesies/nama lokal ketika pengamatan dilapangan, untuk selanjutnya dapat diidentifikasi ketika berdiskusi.
Pelatihan sketsa burung

Pelatihan sketsa burung
Pelatihan ketiga adalah Pelatihan Fotografi Burung, pelatihan ini dibawakan oleh Mas Andri Widi Purnomo. Pelatihan ini berisi dasar-dasar teknik dalam fotografi burung menggunakan kamera. Selain menggunakan kamera, fotografi burung juga bisa dilakukan dengan cara digiscoping, yaitu teknik fotografi menggunakan kamera atau kamera hp dengan bantuan binok untuk memperjelas objek model. 

Pelatihan fotografi burung
         Pelatihan hari kedua adalah Pelatihan Identifikasi Burung, Metode Pengambilan & Analisis Data dan Sharing Pengalaman Ekspedisi NKRI. Pelatihan pertama adalah Pelatihan Identifikasi Burung yang dibawakan oleh Mbak Ratih Perwitasari. Materi pelatihan ini berisi teknik dalam mengidentifikasi burung, mulai dari ukuran badan, bentuk paruh, warna bulu, aksesoris, suara dan lain-lain. Kemampuan identifikasi burung sangat penting dalam pengamatan burung, semakin kita sering mengikuti pengamatan burung semakin terasah kemampuan identifikasi burung. 
Pelatihan identifikasi burung 
     
Pelatihan kedua adalah Metode Pengambilan & Analisis Data yang dibawakan oleh Mas Ifan Syahputra. Materi ini berisi Metode yang biasa digunakan Pelatuk BSC dan para pengamat burung dalam pengamatan. Metode pengamatan burung yang biasa dipakai adala Point Count dan Transek. Analisis data yang biasa digunakan untuk menganalisis data adalah Indeks Keanekaragaman dan Indeks Kekayaan Jenis. Analisis data meggunakan program Excel versi tahun berapapun. 
Pelatihan metode pengambilan dan analisis data
Acara yang terakhir adalah Sharing Pengalaman Ekspedisi NKRI yang dibawakan oleh Mbak Eny Santiati. Ekspedisi NKRI Ini merupakan ekspedisi pertama yang dilakukan oleh Mbak Eny di Mindiptana, Merauke. Berbagai pengalaman dan Pengetahuan dari ekspedisi tersebut membuat jiwa kami semakin terpanggil untuk terus berkarya.
 
Sharing Pengalaman Ekspedisi NKRI
        
Semua peserta mengikuti serangkaian pelatihan dengan penuh semangat dan suka cita. Semoga dengan diadakannya Serangkaian Pelatihan PAB Cangak Tilas menjadi siap untuk mengikuti PAB yang sudah didepan mata. Keep Fighting untuk Cangak Tilas J




Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " SERANGKAIAN PELATIHAN PAB "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM