Menu

WORLD MIGRATORY BIRD DAY WITH PELATUK BSC UNNES 2017

     Pada hari Sabtu 13 Mei 2017 Pelatuk Bird Study Club mengadakan acara WMBD (World Migratory Bird Day) 2017 sebagai bentuk kegiatan yang bertujuan untuk memperingati hari migrasi burung. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya dengan tema dan bentuk kegiatan yang berbeda. Pada tahun ini, Pelatuk BSC diadakan pengamatan burung pantai di Tambak Mangunharjo yang terbuka untuk umum dengan mengusung tema "Their Future is Our Future". 

     Peringatan WMBD (World Migratory Bird Day) 2017 yang dilaksanakan Pelatuk pada tahun ini, tidak hanya dikhususkan untuk anggota maupun pengamat burung saja, namun juga untuk kalangan umum dengan tujuan memperkenalkan kegiatan birdwatching (pengamatan burung). Kegiatan ini tentu saja menarik perhatian mahasiswa dan masyarakat umum. Hal ini dibuktikan dengan perserta yang ikut cukup banyak yaitu 14 orang dan bukan hanya dari kalangan mahasiswa kota Semarang, namun ada seorang mahasiswa UNY yang jauh-jauh datang dari Yogjakarta dengan tujuan melakukan pengamatan. "Keren kegiatan ini. Ada beberapa spesies burung yang sudah kurang lebih satu tahun saya tidak melihat dan disini saya bisa melihatnya. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan lagi oleh Pelatuk BSC", ujar Hasbi fungsionaris Bionic UNY. Bahkan ada dua peserta yang bukan lagi mahasiswa, mereka sudah berkecimpung di dunia kerja bahkan mereka masih awam dengan pengamatan burung dan mereka tercatat sebagai anggota KLISE (salah satu komunitas IT di Semarang). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini memiliki daya tarik tersendiri.

     Kegiatan diawali dengan perjalanan menuju lokasi pengamatan yaitu ke Tambak Mangunharjo di Mangkang, ditempuh dengan perjalan sepeda motor selama sekitar 40 menit. Syukurlah cuaca hari itu sangat cerah seakan ikut bahagia merayakan peringatan WMBD (World Migratory Bird Day) 2017 bersama Pelatuk BSC. Peserta dan anggota yang telah di bagi menjadi 3 jalur dengan masing-masing coordinator langsung melakukan pengamatan setelah dilakukannya upacara pembukaan. Dari 3 jalur ini, diperoleh banyak sekali spesies burung dan tak heran juga mengundang decak kagum dari para peserta yang notabene belum pernah melihat burung-burung tersebut. Adapun beberapa burung yang ditemui dari 3 jalur tersebut, antara lain, kowak malam abu (nycticorax nyxticorax); remetuk laut (Gerygone sulphurea); cangak abu (Ardea cinerea); cangak merah (Ardea purpurea); cekakak Australia (Todiramphus sanctus) dan spesies burung lainnya

     Dari kegiatan peringatan WMBD (World Migratory Bird Day) 2017 bersama Pelatuk BSC diharapkan dapat memberikan manfaat pengetahuan mengenai beberapa burung dan kesadaran untuk senantiasa menjaga keragaman hayati untuk mencegah adanya pemburuan illegal. 

#SaveOurBirds
#WMBD2017
#WorldMigratoryBirdDay2017
#TheirFutureIsOurFuture

diulis oleh : 
Dyah Ayu Puspitorini dan Ulfa Nurlaily


Share This:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " WORLD MIGRATORY BIRD DAY WITH PELATUK BSC UNNES 2017 "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM