Menu

PELATUK BSC LAKUKAN PENGAMATAN BURUNG PANTAI SEKALIGUS BERSIH-BERSIH PANTAI



Pelatuk Bird Study Club kali ini akan berbagi cerita mengenai kegiatan Pengamatan Burung Pantai yang diselenggarakan pada 30 September 2018 di Timbulsloko, Sayung, Demak. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan diikuti oleh total 26 orang. Kegiatan ini bukan hanya seputar pengamatan burung pantai saja namun ditambah dengan aksi bersih pantai.
Timbulsloko merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan SayungDemakJawa Tengah. Desa ini adalah desa pesisir yang memiliki garis pantai sepanjang 4,5 km. Karakteristik  pantai yang ada di desa ini terdiri dari pantai berpasir dan pantai berlumpur.
Sebelum terjun ke lokasi pengamatan, terlebih dahulu kami berkumpul di GSG UNNES. Tepat pukul 06.30 WIB kami berangkat dan tiba dilokasi pengamatan sekitar pukul 08.00 WIB. Ketika sampai dilokasi pengamatan, dilakukan breefing terlebih dahulu untuk menjelaskan susunan acara, pembagian lokasi pengamatan dan pembagian peralatan seperti tally sheet, binokuler dan trash bag. Lokasi pengataman untuk kegiatan kali ini terbagi menjadi 2 jalur yaitu, jalur utara dan jalur selatan. Untuk mencapai lokasi pengamatan harus menggunakan perahu kecil selama kurang lebih 5 menit perjalanan. Para peserta meengikuti serangkaian kegiatan dengan penuh semangat.

Peserta sedang menunggu perahu untuk menyebrang ke lokasi pengamatan

Pada kegiatan Pengamatan Burung Pantai ini setidaknya terdapat 23 spesies yang berhasil kami temui, yaitu Dara Laut Biasa, Dara Laut Kecil, Dara Laut Jambul, Dara Laut Sayap Putih, Cerek Tilil, Cerek Jawa, Cerek Melayu, Cerek Besar, Cerek Kernyut, Kuntul Kecil, Kuntul Besar, Kuntul Perak, Kuntul Karang, Trinil Kaki Merah, Trinil Bedaran, Trinil Pantai, Pecok Padi Hitam, Gajahan Penggala, Cekakak Australia, Bango Bluwok, Cikalang Krismas, Cangak Merah, Cangak Abu dan Layang-layang Api. 

Proses identifikasi saat pengamatan

Salah satu jenis spesies yang berhasil didokumentasikan

Pengamatan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan aksi bersih pantai. Panitia dan peserta bekerjasama dalam membersihkan sampah yang ada disekitaran pantai. Samppah dikumpulkan di dalam trashbag yang sudah kami bawa. Kegiatan ini memberikan suatu pembelajaran bahwa kita sebagai manusia harus menjaga kehidupan alam tetap terjaga sehingga ekosistem yang ada dibumi tetap seimbang. Dengan terjaganya ekosistem tersebut, mahkluk hidup termasuk burung dapat tetap hidup dengan nyaman.
Pukul 12.00 WIB kami telah menaiki perahu untuk kembali pulang dititik kumpul untuk ishoma yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi. Sesi diskusi dipimpin oleh Saudara Raka Aditya. Sesi diskusi diawali dengan sharing spesies apa saja yang berhasil ditemukan dimasing-masing jalur dan dilanjutkan dengan pembahasan untuk mengetahui ciri khas yang dimikili oleh setiap spesies sehingga mudah untuk diidentifikasi. Meskipun demikian, terdapat spesies burung yang tidak ditemui oleh peserta, sehingga untuk list burung diberi tambahan oleh Mas Tata, seorang senior Pelatuk BSC.
Ishoma yang dilanjutkan dengan sesi diskusi

Dalam kegiatan ini, para peserta juga membagikan kesan dan pesannya. Ada peserta yang mengakui bahwa ini adalah kali pertamanya mengikuti kegiatan pengamatan burung dan peserta tersebut mengakui bahwa hal tersebut mengasyikan. Peserta lain juga memberikan kesan bahwa ternyata banyak sekali spesies burung yang berbeda yang sebelumnya ia kira adalah spesies yang sama. Akhir kegiatan Pengamatan Burung Pantai ini ditutup dengan doa dan sekitar pukul 14.30 kami bersiap untuk kembali ke UNNES.


So gaessssssss, tetap stay dan ikuti terus kegiatan kami yaaa. Pelatuk Bird Study Club akan kembali lagi dengan cerita dan pengamalan yang pastinya lebih seruuuu, lebih asyikkk dan insyaAllah lebih bermanfaat.
Pelatuk BSC!!!!!!!!! Save Our Bird!
Pelatuk BSC!!!!!!!!! Burungku, Burungmu, Burung Kita Semua!





Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " PELATUK BSC LAKUKAN PENGAMATAN BURUNG PANTAI SEKALIGUS BERSIH-BERSIH PANTAI "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM