Menu

PELATUK GOES TO KKN



Kegiatan Pelatuk goes to KKN diadakan di Hutan Wisata Tinjomoyo tanggal 13 Oktober 2018 dengan peserta siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Tinjomoyo, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Menjunjung tema “Wisata Pendidikan melalui Pengamatan Burung” ini diharapkan dapat mengedukasi siswa-siswi  Madrasah Ibtidaiyah Tinjomoyo dalam melestarikan satwa yang ada disekitar mereka, khususnya dalam hal konservasi burung hutan. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dunia konservasi burung melalui pengamatan (Bird watching) kepada masyarakat, khususnya edukasi pada anak usia dini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, anak-anak sedari kecil sadar akan pentingnya peran burung di lingkungan. Manfaat dari kegiatan ini adalah supaya masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam konservasi satwa khususnya burung melalui kegiatan edukasi rekreasi bird watching.
Pengamatan burung bersama adik-adik MI Tinjomoyo
Ada beberapa hal yang dilakukan saat kegiatan Pelatuk goes to KKN diantaranya penyampaian materi yang meliputi pengantar berupa pengenalan alat-alat pengamatan, pengenalan spesies burung dan jalur pengamatan. Setelah dilakukan penyampaian materi sebagai pengantar, adik-adik Madrasah Ibtidaiyah Tinjomoyo dibagi menjadi 2 kelompok besar. Kelompok pertama terdiri dari siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 4, sedangkan kelompok kedua terdiri dari siswa-siswi kelas 5 dan 6. Adik-adik diberikan buku panduan yang memudahkan mereka dalam melakukan pengamatan burung. 
Diskusi bersama adik-adik setelah pengamatan burung berakhir
Mereka sangat antusias sampai berebut alat-alat pengamatan, selain itu mereka aktif  bertanya ketika ada burung yang terlihat atau terdengar oleh mereka. Setelah melakukan pengamatan burung dengar rute sekitar hutan wisata tinjomoyo, dilakukan diskusi mengenai burung apa saja yang mereka temui saat melakukan pengamatan. Untuk kelas 1 dan 2 di lakukan kegiatan mewarnai bersama. Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize kepada adik-adik.


          So gaessssssss, tetap stay dan ikuti terus kegiatan kami yaaa. Pelatuk Bird Study Club akan kembali lagi dengan cerita dan pengamalan yang pastinya lebih seruuuu, lebih asyikkk dan insyaAllah lebih bermanfaat.

Pelatuk BSC!!!!!!!!! Save Our Bird!
Pelatuk BSC!!!!!!!!! Burungku, Burungmu, Burung Kita Semua!

Share This:

Post Tags:

Pelatuk Bird Study Club

Underbow di bawah HIMA yang bergerak dibidang konservasi burung

No Comment to " PELATUK GOES TO KKN "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM